Kepemimpinan

Kepemimpinan, satu kata yang selama ini menjadi pembahasan yang tiada habisnya, muai dari tingkat motivator hingga di warung kopi.

Sebenarnya kepemimpinan itu yang bagaimana?

Pemimpin dan pimpinan, dua kata yang hampir mirip, namun sebenarnya berbeda, pimpinan biasa dipakai untuk jabatan formal di organisasi, yang diberikan dalam bentuk formalitas juga.
Sebaliknya pemimpin lahir dari alam, darinya orang bersikap legowo ketika memilihnya.

Orang bisa saja memiliki jabatan sebagai seorang pimpinan manakala ada surat penunjukan dirinya atas jabatan itu, namun keduanya sama-sama memiliki maksud yang sama, yakni mengarahkan anggota menuju suatu kesatuan akan hasil yang ingin dicapai.

Tentunya untuk kata yang kedua (pemimpin), semua orang di dunia ini memilikinya, dan sudah menjadi kodrat manusia diturunkan di dunia ini untuk menjadi khalifah.

Untuk menjadi seorang pemimpin, sebetulnya sangatlah mudah jika sudah ada keinginan untuk berusaha, yaitu segala bentuk pengendalian diri sendiri menuju kehidupan yang lebih baik dan berdisiplin. Manakala ini sudah kita taklukkan, maka secara otomatis kita mampu memimpin orang lain dengan sendirinya.

No comments:

Post a Comment

Pages