Senin, 14 Maret 2011

Filsafat Pendidikan Islam

Kompetensi dasar

  1. Memahami konsep filsafat pendidikan islam
  2. Memahami hubungan antara sistematika filsafat dan pendidikan islam
  3. Memahami peran manusia sebagai pelaku pendidikan
  4. Memahami aplikasi analisis folosifis dlam pendidikan islam\memahami konsep pendidikan islam menurut filiosof muslim

Manfaat

Dengan mengambil mata kuliah filsafat pendidika islam mahasiswsa dapat memahami konsep2 dasar pendidikan islam secara filosifis dan mampu memahami perbedan pandangan dari pemikiran filusuf muslim tentang pendiikan islam seta mampu merekonstruksi pendidikan islam kontemporer

Drskripsi mata kuliah

Materi pembelajaran meliputi pengertian filsafat islam, obyek dan ruang lingkup filsafat islam, sejarah dan dasar pemikiran serta frans theoru fuilsfat pendidikan islam kontemporer

Organisasi materi

  1. Pengertqian filsafat pendidika isalm obyek dan ruang lingkup filsafat pendidikan islam
  2. menganalisis hubungan antara sistematiak filsafat dengan pendidikan islam
  3. memahami peran manusia sebagai pelaku pendidikan isalm secara filosofis

Tufas insiicsu mahasiswa melakukan resume, membuat makalah, prwesentasi dan analisa

Bagi mahasiswa yang tidak mengumpulak tugas (sesuai dengan unit kegiatan dan jadwalnyua) maka akan dikurangan nilainya sebagaiman dijelaskan dalam pedoman penilaian

\jenis ecaluasi dalam mata kuliah ini dengan menggunakan tels tulis untuk uts dan uas juga menggunakan ecaluasi tufas indicidu, tugas kelompok dan akticasi selama proses kperkuliahan

Pokok pembahasan

  1. Pengerttain filsafat pendidikan islam
  2. Obyek dan ruang lingkup gfilsfat pendidikan isalm
  3. Ubungan antara sistemasika
  4. Pandangan filosofis tentang pendidik (makalah individu/kelompok)
  5. Pandangan filosifis tentang peserta didik

Filsafat pendidika isalm

Apa filsafat itu, apa pendidika itu, apa yang dimaksud dengan pendidikan islam

filasafat

Dalam arti pasif, philos dan shopia

Dalam arti aktif usaha manusia dengan akalnya untuk memperoleh suatu pendangan dunia yang memuaskan hasti,,, stoa; usaha mencari kesempurnaan yang bersifat teoritis dan praktis dalam bidang logika fisika dan etika

Agama, filsafat, ilmu bermuara kepada kebenaran

Yang harus dibedakan karana sama2 mencari kebenaran

  1. Saling melengkapi, mendukung, afirmati.
  2. Kallo berbeda, saling menolak, saling menegatifkan dll

Alat yang digunakan dalam pencari kebenaran

Agama wahyu (absolutq), filsafat akal (relatif), ilmu data empiris dan logika (relatif)

Pengertian keebenaran yang digunakan dalam mencarinya

Jhon s, brubacher : Education should be thought of process of man's reciprocal adjustment to nature, to this fellows, and to the ultimate nature of the cosmos, education is the organized development and equipment of all the power of human being, moral, intelelectual and physical, by and for they individual and social uses, directed toward the union of this activities with their creator as their final end, education is the process in which this powers (abilities, capacities) of men which are susceptible to habituation are perfected by good habits, by mean artistically contrived, and employed by a man to help another or him self achieve the end in view (i.e. Good habits); modern philosophies of education

Apa hasil dari pendidikan

Knowledge

Skill

Manusia diibaratkan dengan cermin, apaila ia jernih maka pantulan kepada Allah akan jernih juga

الله

Apa hasil dari pendidikan

  1. Knowledge (cognitive)
  2. Skill (psychomotoric)
  3. Attitude (affective)

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar